Apa yang CES Ajarkan kepada Kami Tentang PC 2022

Meskipun sebagian besar vendor tidak berada di Las Vegas dan sebagian besar pengumuman dilakukan secara virtual, konferensi CES minggu lalu mengajari kami banyak hal tentang apa yang dapat kami harapkan dari PC baru yang memasuki pasar tahun ini. Dari prosesor baru yang penting dari AMD, Intel, dan Nvidia hingga desain dari hampir semua pembuat besar, mesin tahun ini seharusnya lebih cepat, dan dengan lebih banyak fitur untuk gamer, pembuat konten, dan kita yang menghabiskan banyak waktu di konferensi video aplikasi seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.

Berikut adalah beberapa yang menonjol bagi saya. Saya akan mulai dengan pembuat chip dan kemudian membahas PC itu sendiri.

AMD

Keynote CES CEO AMD Lisa Su menyertakan daftar pengumuman produk baru yang mengesankan, tetapi yang menonjol adalah jajaran prosesor Ryzen 6000 Mobile, yang dikenal sebagai “Rembrandt.”Chip ini menggabungkan hingga delapan inti CPU Zen 3+ dengan grafis RDNA2 pada satu cetakan yang berukuran sekitar 200 milimeter persegi, seperti yang diproduksi pada proses 6nm TSMC. Versi tercepat mencapai kecepatan CPU hingga 5.0GHz, dan AMD mengatakan ini memberikan kinerja single-thread 30% lebih tinggi daripada Ryzen 5000 Mobile saat ini. Selain itu, ia memiliki hingga 12 Unit Komputasi RDNA2 (dibandingkan dengan 8 Vega CU di Ryzen 5000 Mobile saat ini), yang menurut AMD dapat menggandakan kinerja grafis. AMD juga menjanjikan peningkatan yang signifikan dalam masa pakai baterai termasuk pemutaran video hingga 24 jam. Tentu saja, seperti biasa, saya mengambil klaim kinerja dengan sebutir garam, tetapi kita akan segera melihat laptop pertama dengan chip ini. AMD mengatakan kita akan melihat lebih dari 200 desain Ryzen 6000 tahun ini, termasuk desain dari Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Razer.

Baca juga di biggu.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi yang sesuai dengan keinginan anda.

AMD juga mengumumkan beberapa GPU diskrit baru untuk laptop termasuk jajaran Radeon 6000S untuk laptop yang lebih tipis yang beratnya kurang dari 4,5 pon dan tebalnya kurang dari 200mm (0,78 inci). AMD mengatakan 6800S high-end akan mampu berjalan pada lebih dari 100 frame per detik pada pengaturan maksimum untuk banyak game. Perusahaan juga memperluas seri 6000M untuk laptop yang lebih besar.

Di sisi desktop, AMD mengatakan Ryzen 7 5800X3D dengan stacked 3D V-Cache akan tersedia musim semi ini. Cache baru seharusnya memberikan peningkatan kinerja, terutama untuk bermain game.

Yang lebih penting adalah CPU desktop 5nm Ryzen 7000, dengan desain inti Zen 4 baru, yang menurut AMD akan tersedia pada paruh kedua tahun ini. Ini akan membutuhkan soket baru, yang disebut AM5, dan chipset baru. Ini akan mendukung memori DDR5 dan PCIe 5.0. AMD melakukan demo cepat, di mana Su mengatakan semua core berjalan di atas 5GHz, meskipun dia tidak memberikan spesifik tentang hal-hal seperti jumlah core. Dugaan saya adalah kita akan mendengar lebih banyak tentang itu musim gugur ini, karena itu tidak diharapkan akan keluar sampai akhir tahun.

Intel

Intel telah memperkenalkan jajaran CPU baru Core Generasi ke-12 (Alder Lake) beberapa minggu sebelumnya, tetapi hanya prosesor desktop. Di CES, itu menyoroti delapan anggota seri-H mulai dari Core i5-12459H, dengan empat core kinerja (termasuk hyperthreading) dan empat core efisiensi hingga Core i8-12900HK kelas atas, dengan enam core kinerja dan delapan efisiensi core (total 20 utas), dengan clocking kelas atas pada turbo maksimum 5 GHz. Ini diatur untuk laptop gaming dan pembuatan konten (yang cenderung berjalan pada 45 watt ke atas).

Intel juga mengumumkan model-model dalam seri-U yang lebih utama (yang cenderung menjalankan mesin yang lebih tipis dan lebih ringan dengan daya sekitar 15 watt). Tapi apa yang tampak lebih penting bagi saya adalah dikatakan bahwa seri-P barunya, yang mendukung hingga 28 watt, dapat berjalan dalam banyak desain tipis dan ringan yang sama dengan seri-U. Tampaknya beberapa vendor akan mendukungnya, meskipun sebagian besar tidak akan menggunakan 28 watt penuh. Namun, itu adalah sesuatu yang sangat saya nantikan dalam sistem tahun ini.

Di sisi desktop, Intel mengumumkan 22 chip Alder Lake baru untuk desktop mainstream, mulai dari Celeron dual-core $42 pada 35 watt hingga $489 Core i9-12900 bagian pada 65 watt. Intel juga mengatakan telah mulai mengirimkan GPU diskrit Arc (bernama kode Alchemist) untuk desktop dan notebook, dan akan tersedia dalam lebih dari 50 desain, tetapi tidak memberikan detail nyata tentang spesifikasi atau kinerja bagian-bagian ini.

Nvidia

Nvidia juga memiliki beberapa penawaran baru untuk laptop, khususnya GPU GeForce RTX 3080 Ti baru untuk laptop mulai dari $2.499. Ini menawarkan lebih dari 1.000 inti CUDA (prosesor paralel) tambahan dari GPU laptop RTX 3080 yang ada, dan memori grafis 16GB, tetapi kecepatan clock boost yang lebih rendah. Perusahaan mengatakan ini akan membuat laptop tercepat lebih cepat daripada kartu Titan RTX, yang merupakan kartu desktop tercepat yang diperkenalkan pada akhir 2018. Itu peningkatan yang luar biasa. Selain itu, perusahaan mengumumkan GPU RTX 3070 Ti untuk laptop, sekali lagi dengan lebih banyak inti, tetapi dengan memori grafis 8GB, yang dirancang untuk notebook mulai dari $1.499. Nvidia mengatakan ini seharusnya memungkinkan sekitar 100 frame per detik dalam game 1440p.

Untuk desktop, Nvidia membawa grafik Ampere RTX ke sistem yang lebih terjangkau dengan GeForce RTX 3050 seharga $249, yang menurut Nvidia membawa ray tracing dan AI yang dipercepat ke desktop mainstream. Kartu tersebut akan tersedia mulai 27 Januari. Perusahaan menggoda GeForce RTX 3090 Ti andalan baru yang akan datang, dengan mengatakan akan memiliki memori GDDR6X 24GB lebih cepat dan memberikan 40 teraflops pada presisi tunggal (FP32), yang akan menjadi 12% lebih tinggi dari yang ada. RTX 3090. Perusahaan mengatakan rincian lebih lanjut akan tersedia akhir bulan ini.

PC

Sejauh PC sendiri pergi, semua vendor besar memiliki pengumuman baru, baik di acara atau menjelang itu. Tidak mengherankan, semua vendor akan mendukung Alder Lake, dan sebagian besar juga merencanakan opsi Ryzen 6000. Tetapi ada juga lebih banyak penekanan pada peningkatan komunikasi audio dan video untuk pengguna bisnis, serta mesin yang lebih kuat untuk gamer, dan beberapa desain yang sangat tidak biasa.

Lenovo

Semua orang akan memperbarui chip mereka tahun ini, dan tidak mengherankan bahwa ada penyegaran Alder Lake yang datang ke ThinkPad X1 Carbon (Gen 10), Yoga (Gen7), dan Nano (G2). Tetapi beritanya adalah bahwa ini tidak hanya akan mendukung varian seri-U, tetapi juga seri-P pada 20 watt untuk Karbon dan Yoga dan 19 watt untuk Nano, yang seharusnya memberikan peningkatan kinerja tambahan. Semua layar tahun ini adalah 16:1, dengan teknologi Eyesafe (yang juga berlaku pada tahun 2021).

Fokus utamanya adalah pada komunikasi (seperti kebanyakan vendor), menambahkan webcam full HD dengan sensor 1,4 mikron dan lensa f/2.0, yang menurut perusahaan menawarkan kualitas yang lebih baik. Ada juga mikrofon quad dengan Dolby Voice untuk peredam bising.

Ada opsi visi komputer (menggunakan chip Lattice Semiconductor) yang dapat mendeteksi saat Anda berada di depan PC, meredupkan layar saat Anda memalingkan muka, mengunci saat Anda pergi, dan membuka kunci saat Anda kembali. Yang baru adalah opsi untuk meminta Anda mengistirahatkan mata dan duduk tegak. Ini akan keluar pada bulan Maret.

Di bagian depan AMD, perusahaan memperkenalkan ThinkPad Z13 baru dengan Ryzen Pro 6000. Lenovo akan mendukung prosesor versi Ryzen R3, R5, dan R7, serta model R7Z eksklusif yang menawarkan kinerja yang agak lebih baik, menurut Lenovo. harus membuat ini lebih cepat daripada laptop berbasis AMD lainnya.

Model ini ditujukan untuk pengguna non-ThinkPad, dan akan terlihat berbeda dengan casing perak, kulit vegan, dan perunggu, serta aluminium hitam (vs serat karbon pada ThinkPad tradisional), dengan harga 2,76 pon. Ini akan tersedia dalam ukuran 13,3 dan 16 inci, dengan tampilan “tepi-ke-tepi” dan sandaran tangan kaca yang lebih besar dengan trackpad haptic 120mm. Ini memiliki TrackPoint tetapi jika Anda mengetuknya dua kali, Anda mendapatkan akses cepat ke berbagai pengaturan kamera dan audio untuk aplikasi konferensi Anda. (Oh, dan hanya untuk model ini, Lenovo telah membalik tombol kontrol dan fungsi, sehingga cocok dengan konfigurasi yang digunakan HP dan Dell). Ini akan keluar pada bulan Mei.

Di sisi konsumen, Yoga 9i memiliki layar 16:10 baru dengan hingga 4K OLED, dengan audio Bowers & Wilkins pada soundbar berputar 360 derajat. Sekarang memiliki tepi bulat yang menurut mereka membuatnya lebih mudah untuk dibawa. Trackpad juga lebih besar, dan ada bilah fungsi satu klik dari tombol yang dapat Anda tekan untuk mengubah apakah Anda ingin mengaturnya untuk peningkatan kinerja atau baterai; profil hiburan; latar belakang kabur; atau beralih ke mode gelap.

Lenovo juga memperbarui Yoga 7i (Intel 14 dan 16, sekarang dengan 4 Dolby Atmos Speakers), dan Yoga 6, (AMD 13-inci dengan penutup kain tahan noda dan lebih banyak bahan daur ulang)

Di sisi game, Legion 5 15,6 inci 15 persen lebih tipis dari model tahun lalu dengan prosesor AMD atau Intel. Mereka mengatakan desain baru memiliki sistem termal baru yang menyeimbangkan CPU dan GPU untuk mengurangi suhu dan kebisingan sistem. Juga keyboard Truestrike mengurangi kebisingan perkusi sebesar 33 persen. Legion 5 Pro adalah versi 16 inci dengan layar refresh otomatis WQHD+ 240 Hz.

Hal-hal yang lebih tidak biasa ada di lini ThinkBook (SMB). ThinkBook 13x Gen 2i bekerja dengan alas pengisi daya nirkabel, menggunakan Pogopins untuk menghasilkan daya 65 watt. Ini beratnya 2,67 pon.

Yang lebih asing lagi adalah ThinkBook Plus Gen 3 . Alih-alih layar eksterior E-ink (seperti pada Gen 2), ini memiliki layar lebar 17 inci dengan rasio 22:10 (3072 x 1440), dengan keyboard di sebelah kiri dan layar 8 inci kedua ( 800 x 1280) di sebelah kanan keyboard, jadi sepertinya Anda meletakkan tablet di sebelah PC Anda. Anda dapat menggunakan tampilan ini untuk aplikasi lain (seperti kalkulator), untuk memperbesar dan menggunakan pena pada aplikasi seperti Lightroom; atau Anda dapat memperluas jendela ke bawah dari tampilan utama dalam apa yang disebut perusahaan sebagai mode “air terjun”. Nantinya, Anda akan dapat mencerminkan ponsel Motorola di layar kedua. Mulai dari $1399; jatuh tempo pada bulan Mei. Ini tentu ide yang menarik.

HP

Fokus besar HP juga pada kolaborasi, dengan perangkat lunak HP Presence untuk audio dan video, menambahkan fitur baru di lini bisnis penuh. Konsepnya, setiap ruang kini menjadi ruang pertemuan, sehingga orang seharusnya bisa lebih leluasa bergerak dengan fitur-fitur seperti kontrol audio dinamis.

Ini termasuk “filter penampilan”, dan satu tombol untuk aplikasi myHP, yang menyediakan satu dasbor untuk menyesuaikan pengaturan untuk semua aplikasi kolaborasi, dan juga fitur lain seperti kontrol tombol yang dapat diprogram.

Pada produk tertentu, HP telah memperbarui Elite Dragonfly G3 kecilnya , masih dalam warna biru tua dan perak alami, dengan rasio aspek 3:2, tombol yang lebih besar, dan touchpad dengan layar 1:1, tetapi masih masuk dengan kecepatan kurang dari 1. KG untuk konfigurasi dasar.

Di bagian depan kolaborasi, ia memiliki kamera 5 megapiksel dan HP AutoFrame, yang memungkinkan Anda memilih apakah akan menunjukkan kepala dan dada, kepala dan bahu, atau kepala sendiri. Ini juga memiliki HP Dynamic Voice Leveling dengan mikrofon dua sisi dan jangkauan pickup 3m, bersama dengan pelacakan suara 360 derajat. Mikrofon bekerja dengan penutup terbuka atau tertutup, dan semuanya dikontrol dalam aplikasi myHP.

Perubahan lain termasuk port di kedua sisi kiri dan kanan, dan pengisian daya yang cerdas.

The Elite Dragonfly Chromebook (sebelumnya 1030c) akan menjadi Chromebook dengan vPro dukungan pertama, termasuk trackpad baru, pena nirkabel dengan magnet yang kuat, dan HP fitur seperti SureView Reflect layar dan Tentu Shutter.

EliteBook 1040 G9 dan Elite x360 1040 G9, yang akan menjadi Intel saja, memiliki fitur baru yang mendeteksi ketika sistem berada di dalam tas, sehingga secara otomatis masuk ke mode tidur. Itu terus memiliki fitur deteksi kehadiran, dan sekarang ditingkatkan ke tampilan 16:10.

Seri EliteBook 805 G9, berdasarkan Ryzen 6000, kini menambahkan opsi 16 inci, dan juga meningkatkan ke 16:10. Ini memiliki kamera 5MP yang memungkinkan obrolan video berkualitas tinggi, dan fitur-fitur seperti Bingkai Otomatis yang memungkinkan orang untuk bergerak sambil menjaga mereka tetap dalam bingkai; audio oleh Bang & Olufsen dengan dua ampli terpisah yang bekerja bersama untuk menciptakan suara yang imersif; fitur Suara Dinamis; dan, pengurangan kebisingan berbasis AI, yang seharusnya meningkatkan audio sehingga orang dapat didengar bahkan saat mengenakan topeng. Akan ada 845 G9 14-inci dan 865 GP 16-inci, keduanya akan keluar pada bulan April.

Seri EliteBook 605 dan seri ProBook 405 lebih mendasar, notebook berbasis Ryzen 5000.

Dell

Dell belum mengumumkan pembaruan laptop perusahaannya (Latitude), tetapi memamerkan versi baru andalan konsumennya, XPS 13 Plus , dengan beberapa perubahan yang cukup besar. Seperti lini ThinkPad, ia juga akan mendukung prosesor seri-P, sebagian karena kipas yang lebih besar yang menurut Dell memberikan aliran udara 55 persen lebih baik tanpa meningkatkan kebisingan atau suhu.

Tersedia dalam Platinum atau Graphite (warna perak/abu-abu yang lebih terang atau lebih gelap), tampilannya berbeda dari laptop lain yang pernah saya lihat karena tidak memiliki touchpad yang terlihat. Sebaliknya seluruh palm rest terlihat rata, meskipun sebenarnya menyembunyikan touchpad kaca dengan respons haptic. Baris atas keyboard memiliki antarmuka sentuh kapasitif yang beralih antara tombol fungsi dan tombol media (semacam seperti MacBook Pro generasi terakhir, tetapi lebih besar dan tampaknya dirancang lebih baik) dan sekarang memiliki tombol yang lebih besar tanpa spasi di antara tombol. Ini memiliki layar tepi-ke-tepi 13,4 inci 16:10, dengan 3840 x 2400 LCD atau 3,5K (3456 x 2160) opsi sentuh (ditambah layar biasa dan layar sentuh. Akan dirilis pada musim semi.

Dell melakukan penyegaran besar-besaran pada mesin Gaming-nya untuk chip AMD baru, mengumumkan m15 dan m17 dengan seri Ryzen 6000 dan grafis Nvida (hingga RTX 3060) atau AMD (hingga Radeon RX 6850M XT).

Berita yang lebih besar (atau lebih kecil) adalah laptop gaming yang lebih kecil, Alienware x14 , yang menurut Dell adalah laptop gaming tertipis dan laptop 14 inci pertama dengan Nvidia G-sync, dengan RTX 3060 dan daya grafis 85 watt, Intel 12th prosesor generasi terbaru, panel layar 144Hz, dan teknologi pendingin ruang uap baru.

Dell menunjukkan banyak konsep (dalam sebuah video), termasuk Flow, secara efektif sebuah dok yang mengisi daya laptop secara nirkabel dan secara otomatis menghubungkannya ke jaringan, keyboard, mouse, speaker, layar kedua, dll. yang terlihat cukup keren; Pari, kamera web nirkabel yang dapat dipindahkan; dan Stanza, layar sentuh pendamping 11 inci yang dirancang untuk menulis atau membuat (dan menyalin) catatan. Konsep permainan termasuk Nyx yang menggunakan komputasi tepi untuk berbagi komputer dengan banyak layar di rumah tetapi dengan latensi yang jauh lebih rendah daripada solusi saat ini; dan Polaris, solusi docking GPU eksternal yang akan bekerja dengan kartu grafis gaming desktop 16 inci.

tanaman Acer

Acer mengumumkan tiga Chromebook baru, termasuk Spin 513 dengan rasio aspek 3:2 dan prosesor 8-core MediaTek Kompanio 1380 baru.

Di sisi Windows, Acer mengumumkan beberapa mesin game baru. Triton 500 SE memiliki prosesor Intel Generasi ke-12, RTX 3080Ti, dan panel 2560 x 1600 16 inci dengan kecepatan refresh 240Hz dan kecepatan respons 3ms. Sedikit di bawahnya adalah Helios 300, dengan versi 15,6 dan 17,3 inci dengan layar 2560 kali 1440; dan kemudian seri Nitro 5 dengan seri Intel atau AMD 6000, sekali lagi dengan versi 15,6 dan 17,3 inci.

Selain itu, perusahaan mengumumkan Edisi Geografis Nasional Aspire Vero, yang menggabungkan elemen desain yang menggugah Planet Bumi dan memiliki lebih banyak fitur keberlanjutan, sesuatu yang tampaknya didorong oleh semua vendor (menggunakan plastik daur ulang jika memungkinkan, kemasan yang lebih berkelanjutan, dll.)

asus

Salah satu desain yang paling menarik adalah Asus Zenbook 17 Fold OLED , laptop yang dapat dilipat, yang dapat Anda gunakan sebagai layar besar dengan atau tanpa keyboard full-travel opsional yang terpasang; atau sebagai clamshell layar 12,3 inci dengan keyboard di bagian bawah (atau di layar). Karena peluncuran Q2. Samsung menunjukkan mesin serupa sebagai sebuah konsep (Flex Note), tetapi tidak jelas apakah itu akan datang ke pasar. Lenovo memiliki ide serupa di mesin pengiriman dengan layar yang lebih kecil.

Razer

Sekali lagi, fokus pada game, Razer memperkenalkan versi baru dari notebook Blade 14, 15, dan 17. Patut dicatat bahwa notebook 14-inci Blade 14 dapat memiliki Ryzen 6900HX dan grafis hingga RTX 3080Ti, dengan layar 2560 kali 1440 165Hz (sekitar $3.500). Blade 15 dapat memiliki prosesor Core i9 12900H 14-core, 3080 Ti, DDR5 32 GB, dan layar OLED 4K 144Hz (sekitar $4.000 dikonfigurasikan sepenuhnya). Ini adalah karena sangat segera.

Razer juga menunjukkan Sophia, meja konsep dengan 13 modul yang dapat ditukar, sasis yang terpasang secara magnetis, dan panel layar OLED besar. Tetapi perusahaan tidak mengatakan memiliki rencana untuk membawa ini ke pasar sekarang.

Leave a Comment