Cara Membuat Disk Instalasi USB untuk Windows 7 Tanpa Perangkat Lunak Ekstra

Ingin menginstal Windows 7 di PC Anda tetapi tidak memiliki drive optik? Solusinya adalah membuat disk instalasi USB.

Ingin menginstal Windows 7 di komputer Anda tanpa drive optik? Mungkin Anda menggunakan laptop tanpa drive DVD internal, atau bahkan netbook atau tablet Windows lama. Apa pun masalahnya, Anda harus membuat disk instalasi USB.

Anda dapat melakukannya tanpa perangkat lunak tambahan, atau Anda dapat menggunakan alat yang disediakan oleh Microsoft dan pihak ketiga.

Catatan:  Terlepas dari warisan yang ditinggalkan Windows 7, inilah saatnya untuk meningkatkan ke Windows 10! Dengan Windows 11 dalam perjalanan, Windows 7 tidak diinginkan sebagai sistem operasi pribadi. Namun, untuk perangkat keras lama, atau bagi mereka yang menyukai Windows 7, baca terus.

Dua Cara Membuat Disk Instalasi Windows 7 USB Bootable

Anda memiliki dua pilihan untuk membuat drive USB yang dapat di-boot yang dapat menginstal Windows 7.

  1. Buat disk yang dapat di-boot menggunakan alat Windows: ini tidak memerlukan perangkat lunak tambahan
  2. Unduh penginstalan dari Microsoft: ini adalah solusi yang jauh lebih sederhana

Mari kita lihat setiap opsi.

Apa yang Anda Perlukan untuk Menginstal Windows 7 Dari Drive USB

Tanpa drive optik pada komputer target, tidak mungkin menginstal Windows 7 sebagai sistem operasi pilihan Anda. Tetapi jika Anda memiliki media instalasi asli dan USB flash drive, Anda dapat membuatnya bekerja.

Untuk memulai, Anda memerlukan:

  • Komputer Windows 7 yang bekerja dengan drive DVD dan hak administrator.
  • DVD instalasi Windows 7.
  • Flash drive AUSB dengan ruang 4GB atau lebih besar.

Ini juga akan bekerja dengan hard drive USB eksternal, bukan USB thumb drive. Namun,  semua data pada drive akan diformat dan dihapus.

Langkah-langkah berikut dapat diselesaikan di komputer Windows 7. Namun, mereka hampir sama dengan sistem operasi yang Anda gunakan, termasuk Windows 10.

1. Buka Prompt Perintah yang Ditinggikan

Untuk memulai, masukkan USB flash drive Anda ke PC utama Anda — yang memiliki drive optik. Anda juga harus memasukkan DVD instalasi Windows 7.

Klik  Start > All Programs > Accessories  dan klik kanan pada  Command Prompt  . Pilih  Jalankan Sebagai Administrator  . Tentu saja, Anda harus dapat mengautentikasi sebagai administrator di PC yang Anda gunakan.

Di Windows 10, klik  Mulai  lalu ketik “perintah”. Klik kanan hasil pertama dan pilih  Run as administrator  .

Di jendela prompt perintah hitam, buka alat partisi disk dengan perintah:

diskpart

Ini akan terbuka di jendela prompt perintah baru. Di sini, panggil daftar disk yang terpasang ke PC Anda.

list disk

Salah satu drive yang tercatat adalah drive USB Anda. Anda mungkin dapat menemukan berdasarkan kapasitas drive. Catat nomor disk drive USB.

Ini penting untuk dilakukan dengan benar; jika tidak, Anda akan kehilangan data di drive lain.

Selanjutnya, partisi disk. memulai dengan memilih disk dan membersihkannya.

Di mana Anda melihat tanda #, ganti dengan nomor disk perangkat USB Anda.

select disk #
clean

Anda kemudian dapat membuat partisi baru.

create partition primary
select partition 1

Jadikan partisi aktif, lalu format sebagai NTFS:

active
format fs=ntfs quick

Selanjutnya, keluarkan perintah tunggal untuk mengatur disk sebagai drive E:

assign letter e

Terakhir, keluar dari alat DiskPart.

exit

USB flash drive sekarang siap untuk menginstal file Windows 7.

2. Jadikan Windows 7 USB Anda Dapat Di-boot

Format langkah yang mungkin memakan waktu, tergantung pada spesifikasi komputer Anda.

Di command prompt ketik

d:/boot/bootsect.exe /nt60 e:

(Ini mengasumsikan D: adalah drive DVD Anda dengan DVD instal yang dimasukkan, dan Anda memberi nama E: drive USB Anda. Ini mungkin berbeda pada PC Anda, jadi periksa sebelum memasukkan perintah.)

Ini akan membuat drive USB Anda dapat di-boot.

3. Salin File Instalasi Windows 7 ke Drive USB

Langkah terakhir dapat dilakukan dari My Computer. Cukup buka DVD instalasi, sorot semuanya, dan seret ke drive USB.

Ini juga bisa memakan waktu cukup lama. Setelah selesai, Anda harus siap. Masukkan disk USB ke PC baru Anda, lalu masuk ke BIOS untuk menyesuaikan urutan boot. Komputer target Anda bahkan mungkin memiliki opsi Choose Boot Device selama start-up.

Gunakan Alat Penginstal USB Windows 7 Microsoft

Jika Anda menginginkan solusi yang lebih sederhana untuk menginstal Windows 7 dari drive USB yang dapat di-boot, coba alat khusus Microsoft yang dapat diunduh.

Alat ini tidak lagi dihosting di server resmi Microsoft, jadi kami akan menemukan cermin untuk program yang sama yang dihosting di archive.org.

Unduhan utama hanya berukuran 2,8MB, jadi ini akan selesai dengan cepat. Sementara Anda menunggu, masukkan USB flash drive Anda ke PC utama Anda. Drive 4GB harus cukup besar.

Sementara itu, Anda juga memerlukan versi ISO Windows 7. Seperti USB Download Tool, file-file ini tidak lagi mudah diakses dari server resmi Microsoft.

Catatan: Anda masih memerlukan kunci produk yang valid untuk mengaktifkan produk ini!

Sementara Anda menunggu unduhan, instal alat penginstal, lalu luncurkan dari menu Mulai.

Anda akan diminta untuk menemukan file image ISO untuk Windows 7. Temukan file ISO di hard disk drive Anda, lalu klik Next .

Di sini, pilih perangkat USB untuk jenis media yang ingin Anda buat. Di layar berikutnya, gunakan menu tarik-turun untuk memilih drive USB, lalu Mulai Menyalin . Tunggu hingga proses selesai.

Ketika bilah mencapai 100%, Anda akan melihat beberapa informasi status. Setiap masalah yang terjadi tercantum di sini. Jika Anda memerlukan disk instalasi USB Windows 7 yang dapat di-boot lainnya, klik Mulai dari Awal untuk mengulangi prosesnya.

Jika tidak, klik X di sudut kanan atas untuk menutup, sebelum mengeluarkan disk USB Anda dengan aman. Sekarang siap untuk menginstal Windows 7 pada komputer yang sesuai pilihan Anda.

Sangat Mudah untuk Membuat Disk Instalasi USB Windows 7

Jika Anda terjebak mencoba untuk mengatur sistem operasi di laptop atau netbook lama Anda, Anda akan lega melihat betapa sederhananya itu. Memang, Windows 7 dan yang lebih baru sudah memiliki alat bawaan untuk membantu Anda membuat penginstal USB yang dapat di-boot.

Jika gagal, Anda dapat mengambil opsi sederhana dengan mengambil alat penginstal USB milik Microsoft untuk Windows 7 dan yang lebih baru. Dan jika Anda menyukai portabilitas drive USB, pastikan untuk memeriksa semua aplikasi portabel lain yang dapat Anda pakai juga.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi https://www.infosekilas.com .

Leave a Comment