Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9: Laptop Cantik (dan Mahal)

Ulasan TerbaikLenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9 adalah laptop yang indah dengan ramping dan dingin-to-the-touch mengingatkan eksterior Apple MacBook. Namun, itu sangat mahal. Apakah ThinkPad X1 Carbon terbaru Lenovo memiliki fitur yang cukup untuk membuatnya sepadan dengan uang ekstra?

Inilah Yang Kami Suka

  • Sangat menyukai eksterior Carbon Fiber + Magnesium
  • Daya tahan baterai yang mengesankan
  • Suka kunci kubah karet lembut

Dan Apa yang Kami Tidak

  • Super duper mahal
  • Tidak suka tombol Ctrl dan Fn ditukar
  • Untuk harganya, spesifikasinya tidak terlalu mengesankan

Saya cukup hemat (Dan ya, itu adalah sinonim yang bagus untuk murah), jadi ketika saya membeli sendiri laptop baru, saya menggunakan Lenovo Flex 5  karena memenuhi semua kebutuhan saya. Itu terjangkau, memiliki spesifikasi yang layak untuk harganya, dan juga bisa berfungsi ganda sebagai tablet untuk saya.

Jadi mencoba ThinkPad X1 Carbon Gen 9 terasa seperti kemewahan. Saya tidak akan pernah membeli sendiri laptop yang begitu mahal karena itu bertentangan dengan sifat saya. Saya menyukai setiap momen luar biasa dengan laptop ini karena kinerjanya baik dan terasa lebih baik. Meskipun demikian, saya merasa spesifikasi keseluruhannya kurang dibandingkan dengan label harganya yang tinggi. Mari kita lihat lebih dekat pengalaman saya dengan bocah nakal ini.

Spesifikasi seperti yang Ditinjau

  • CPU:Intel Core i7-1185G7 (3.0GHz, hingga 4.8GHz dengan Turbo Boost, 4 core, 8 thread, cache 12MB)
  • RAM:2×8 GB (LPDDR4 4267)
  • Penyimpanan:512GB SSD
  • Gambar:Intel Iris Xe
  • Layar:FHD+ 14 inci (1920 x 1200) IPS non-layar sentuh, 400 nits
  • Baterai:Sel SMP (57Wh)
  • Konektivitas:Intel Wi-Fi 6 AX201 802.11AX, Bluetooth 5.1
  • Sistem Operasi:Windows 10
  • Port:1x HDMI, 2x USB 4 Tipe-C dengan Thunderbolt 4 (DP, DT, PD), 2x USB-A 3.2 Gen 1, jack headphone
  • Kamera:Hybrid IR & 720p HD dengan rana privasi webcam
  • Audio:Speaker Dolby Atmos
  • Dimensi:12,38 x 8,72 x 0,59 inci
  • Berat:Mulai dari 2,49 lbs

Kualitas Desain dan Bangun: Rasanya Seperti Laptop Premium

Secara keseluruhan, saya menyukai desain Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9. Satu-satunya keluhan kecil yang saya miliki adalah dengan TrackPoint merah di tengah keyboard, tetapi itu adalah preferensi pribadi. Saya tahu orang masih menggunakannya, tetapi saya tidak dapat melihat diri saya lebih suka itu daripada mouse atau bahkan hanya trackpad laptop.

Saya juga terbiasa tombol Control kiri menjadi tombol terjauh ke kiri, tetapi Lenovo menukarnya dengan tombol Fungsi di laptop ini. Anda dapat memetakan ulang tombol Fn dan Ctrl di BIOS atau melalui perangkat lunak Commercial Vantage Lenovo jika Anda tidak terbiasa. Kunci tidak akan terlihat berbeda secara fisik, tetapi secara fungsional, senang mengetahui bahwa Anda dapat menukarnya.

Rasanya luar biasa, sangat mirip dengan MacBook, yang masuk akal ketika Anda melihat bahan yang digunakan untuk masing-masing. Casing luar MacBook terbuat dari polikarbonat, aluminium, dan magnesium. Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9 memiliki sasis yang terbuat dari serat karbon dan magnesium. Rasanya sejuk saat disentuh dan halus seperti sutra. Ini jauh lebih ringan daripada MacBook tetapi masih berhasil mencapai nuansa kelas atas.

Dan meskipun ini adalah detail kecil, Anda dapat membuka laptop ini dengan satu tangan. Laptop yang saya miliki saat ini ( Lenovo Flex 5 ) membutuhkan dua tangan untuk membukanya. Meskipun ini bukan masalah besar bagi saya, bisa membuka ThinkPad X1 hanya dengan satu tangan adalah bonus yang bagus.

Kuncinya juga terasa luar biasa. Saya senang bisa mengetik dengan cepat dan tenang, dan tombol kubah karet ini terasa sangat nyaman di bawah jari saya. Tidak ada suara klik yang terlalu mengganggu, tapi saya masih bisa mendengar jari saya menyentuh tombol setiap saat. Singkatnya, ini sebagus keyboard chiclet terbaik di luar sana saat ini.

Trackpad juga terasa hebat dan sangat responsif. Saya senang memiliki tombol khusus untuk klik kiri dan kanan. Dengan trackpad yang tidak memiliki tombol, terkadang Anda harus mengklik di tempat yang tepat untuk mendaftar sebagai klik kanan, yang dengan cepat menjadi menjengkelkan.

Sejauh port pergi, ada dua port USB-A dan dua port USB-C, salah satunya akan Anda gunakan untuk mengisi daya. Dengan begitu banyak perangkat yang mulai menggunakan pengisian daya USB-C sebagai cara masa depan, sungguh luar biasa melihat fungsi pengisian daya di sini. Lalu, ada port HDMI, yang sangat bagus jika Anda ingin menghubungkan monitor lain untuk ruang kerja ekstra.

Dan seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, laptop ini mampu berbaring 180 derajat, yang merupakan fitur luar biasa hanya untuk memastikan Anda tidak membengkokkan laptop terlalu jauh secara tidak sengaja.

Tampilan dan Performa: Hebat, tapi Tidak Seperti yang Saya Harapkan untuk Harganya

ThinkPad X1 Carbon Gen 9 berkinerja baik, tetapi spesifikasinya tidak sesuai dengan yang saya inginkan untuk harganya. Lagi pula, mengapa Anda menghabiskan semua uang ini untuk ThinkPad X1 Carbon Gen 9 ketika Anda bisa mendapatkan ThinkPad X1 Extreme Gen 3 dengan harga yang kira-kira sama tetapi dengan spesifikasi yang lebih baik?

Salah satu hal yang paling mengesankan tentang Thinkpad X1 Carbon Gen 9 adalah CPU-nya. Ini memiliki Intel 11th Gen i7-1185G7 vPro, yang saat ini merupakan chip CPU paling luar biasa dari Intel.

Dengan itu, saya dapat melakukan banyak tugas dengan sempurna dan membuka banyak tab untuk bekerja dan memutar gangguan favorit saya dari YouTube, Spotify, dan Netflix di latar belakang secara bersamaan. Saya tidak pernah mengalami masalah kinerja.

Pada satu titik, saya membuka lebih dari 30 tab Google Chrome yang berbeda, termasuk YouTube dan Netflix dengan streaming video di masing-masing; Saya juga membuka Discord dan Steam dan tidak mendengar banyak hal dari para penggemar. Baru setelah saya memuat  Borderlands 2 para penggemar menendang dan tetap bertahan, tapi itulah yang diharapkan saat bermain game di laptop. Penggunaan CPU tetap sekitar 20-25% saat  Borderlands 2 dibuka; Penggunaan RAM adalah 50-60%.

Dengan GPU Intel Iris Xe di dalamnya, segalanya tampak cukup manis di layar 14 inci laptop ini. Warnanya sangat cerah saat menonton episode terbaru  The Great British Baking Show di Netflix dan bermain game di Steam. Saat bermain Borderlands  2 atau  Destiny 2,  saya tidak menemukan masalah lagging atau buffering.

Yang tidak begitu saya sukai adalah jumlah RAM dan penyimpanan yang disediakan. Meskipun Anda dapat membuat kustom ThinkPad X1 Carbon di situs web Lenovo, itu masih cukup mahal dibandingkan dengan laptop lain untuk spesifikasi yang sama, baik di dalam merek Lenovo maupun di luarnya.

Laptop ini hadir dengan RAM DDR4 16GB dan SSD 512GB. Untuk sebagian besar laptop modern, RAM 16GB adalah standar. Tetapi untuk harga ini, saya akan senang melihat RAM 32GB, yang bisa Anda dapatkan dalam versi kustom di situs web Lenovo (dan satu-satunya opsi 32GB di situs web Lenovo sebenarnya adalah yang paling dekat dengan model yang saya ulas.) Sekarang, sementara SSD 512GB mungkin akan banyak bagi kebanyakan orang, mengecewakan melihat penyimpanan yang kecil dengan label harga yang mahal.

Audio, Kamera, dan Daya Tahan Baterai: Fitur Lebih Kecil yang Kami Pedulikan

Audio bukan yang terbaik di laptop ini, tetapi siapa yang membeli laptop untuk speaker? Plus, sebagian besar dari kita mungkin menggunakan headphone atau earbud untuk mendengarkan hal-hal di laptop kita. Meskipun jika Anda tidak memiliki headphone atau earbud, speaker Dolby Audio terdengar cukup jernih sehingga memutar lagu di Spotify atau streaming acara TV di Netflix akan terdengar baik-baik saja.

Laptop ini dilengkapi dengan webcam HD 720p internal yang akan membantu Anda terlihat layak untuk panggilan video. Ada rana privasi bawaan, yang hampir menjadi standar saat ini, tetapi tetap menyenangkan mengetahui Anda memiliki privasi ekstra itu. Dengan hanya 720p, Anda tidak akan terlihat fantastis di kamera, tetapi Anda juga tidak akan terlihat sangat buram dan tidak dapat dikenali.

Perlu juga disebutkan bahwa laptop ini memiliki daya tahan baterai yang mengesankan, yang tidak mengherankan. Lenovo dikenal dengan laptopnya yang mampu mempertahankan daya tahan baterai untuk waktu yang lama. Saya dapat dengan mudah menggunakan laptop saya sepanjang hari tanpa perlu mengisi dayanya sampai habis, dan terkadang bahkan tidak sampai keesokan harinya.

Jelas, jika Anda bermain video game atau melakukan tugas berat lainnya, baterai Anda pasti akan lebih cepat habis. Tetapi untuk hari kerja saya yang khas—dengan banyak tab terbuka, sesekali streaming video YouTube atau Netflix di latar belakang, dan Spotify terus-menerus diputar—saya tidak pernah harus mengisi ulang baterainya di siang hari.

Kesimpulan: Jika Anda Membelinya, Anda Tidak Akan Kecewa. Tapi Haruskah Anda Membelinya?

Meskipun saya tidak berpikir siapa pun yang membeli laptop ini akan kecewa, saya yakin ada pilihan yang lebih baik di luar sana dengan harga yang sama. Laptop terasa, berkinerja, dan terlihat fantastis, tetapi harganya sangat mahal. Dan karena biaya kemungkinan merupakan faktor penentu yang sangat besar ketika memilih laptop Anda berikutnya (setidaknya pada titik harga ini), itu adalah faktor yang tidak dapat saya abaikan saat meninjau keindahan ini.

Saya pribadi tidak dapat melihat diri saya membeli ThinkPad X1 Carbon Gen 9 karena harganya terlalu mahal dan tidak memberikan apa yang tampaknya menjadi seperangkat spesifikasi yang mengesankan sebagai gantinya. CPU sangat bagus dan mampu menangani semua yang saya lakukan; GPU membantu permainan saya terlihat tajam, tetapi jumlah RAM dan ukuran penyimpanan SSD lebih kecil dari yang saya kira seharusnya untuk kisaran harga ini.

Leave a Comment